PERENCANAAN SUMBER BELAJAR MATEMATIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMA MUHAMMADIYAH KOTA SURAKARTA (Studi Multi Kasus di SMA Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2, dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta)

SUSANTI, RINA (2008) PERENCANAAN SUMBER BELAJAR MATEMATIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMA MUHAMMADIYAH KOTA SURAKARTA (Studi Multi Kasus di SMA Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2, dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, memahami, dan memaknai hal-hal yang paling mendasar dalam perencanaan sumber belajar matematika kurikulum tingkat satuan Pendidikan SMA Muhammadiyah Kota Surakarta. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, pendekatan naturalistikfenomenologis. Subyek penelitian adalah guru matematika dan siswa SMA Muhammadiyah 1, 2, dan 3 Surakarta. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, serta member check. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan sumber belajar, guru matematika SMA Muhammadiyah 1, 2 dan 3 Surakarta berprinsip efisien, efektif, praktis dan sederhana, fleksibel, relevan, ilmiah, serta kontekstual; (2) Penentuan sumber belajar berdasarkan pada standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi. Penentuan juga memperhatikan tepat guna, daya guna dan variasi; (3) Faktor pendukung penentuan sumber belajar di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta meliputi: jenjang pendidikan, pengalaman dan kompetensi guru, taraf pengetahuan dan pemahaman tentang siswa, minat, tingkat sosial ekonomi, kualitas sarana prasarana, pengetahuan, keterampilan, sikap, tujuan dan isi pelajaran, cara mempelajari; di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta meliputi: jenjang pendidikan, pengalaman dan kompetensi guru, taraf pengetahuan dan pemahaman tentang siswa, minat, kualitas sarana prasarana, pengetahuan, keterampilan, sikap, tujuan dan isi pelajaran, cara mempelajari; di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta meliputi jenjang pendidikan, pengalaman dan kompetensi guru, taraf pengetahuan dan pemahaman tentang siswa, minat, kualitas sarana prasarana, pengetahuan, keterampilan, sikap, tujuan dan isi pelajaran, cara mempelajari. Faktor kendala di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta meliputi: kuantitas sarana prasarana, jumlah siswa, alokasi waktu, urutan; di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta meliputi: tingkat sosial ekonomi, kuantitas sarana prasarana, jumlah siswa, alokasi waktu; di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta meliputi: tingkat sosial ekonomi, kuantitas sarana prasarana, jumlah siswa, alokasi waktu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Perencanaan, Prinsip, Pendukung, Kendala.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 04 Mar 2009 07:30
Last Modified: 17 Nov 2010 08:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1010

Actions (login required)

View Item View Item