PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Telaah Hidden Curriculum Pada PP Nurul Huda Sragen)

Siti, Afiah and -, Prof. Dr. Musa Asy’arie (2020) PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Telaah Hidden Curriculum Pada PP Nurul Huda Sragen). Disertasi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Ringkasan Disertasi)
Siti Afiah ok.pdf

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan tiga hal yaitu bagaimana kearifan lokal menjadi basis pendidikan Islam, bagaimana hidden curriculum berimplikasi terhadap perilaku santri dan bagaimana peranan hidden curriculum dalam upaya memperkuat perilaku santri yang multikultural. Metode yang digunakan metode kualitatif yang bersifat eksploratif dengan fokus yang holistik yaitu place, actor dan activity. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data, sesuai dengan purposive sampling yaitu semua unsur personalia yang terhimpun dalam aktifitas pondok pesantren seperti Pimpinan Pondok, Lurah Pondok, Kepala - Kepala Madrasah, perwakilan guru dan ustadz, perwakilan santri, serta tokoh masyarakat setempat. Analisis data dilakukan melalui analisis kualitatif dengan prosedur reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kearifan lokal sebagai basis pendidikan Islam dalam prakteknya adalah penyampaian nilai-nilai Islam melalui kegiatan budaya lokal seperti pagelaran wayang kulit, filsafat Jawa dalam kemasan bahasa yang sederhana, arsitektur masjid yang mengutamakan kebersamaan dan keterbukaan serta upaya pelestarian budaya tradisional yang berakar pada rasa syukur kepada Tuhan. (2) Implikasi dari hidden curriculum terhadap perilaku para santri terjadi dalam bentuk wejangan atau amanat pimpinan pondok pesantren, contoh dan teladan dari para ustadz dan guru serta disusunnya peraturan pondok yang bernuansa multikulturalisme. (3) Hidden Curriculum di PP Nurul Huda Sragen berperan dalam penguatan karakter multikultural terlihat dari softskill para santri yang menunjukkan kemampuan membangun toleransi, kebersamaan dan kesetaraan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Hidden curriculum, kearifan lokal, pendidikan islam multikultural
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > S3 Pendidikan Islam
Depositing User: Gatiningsih
Date Deposited: 31 May 2022 06:47
Last Modified: 06 Jun 2022 04:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/100916

Actions (login required)

View Item View Item