Widodo, Agung and -, Prof. Dr. Sutama, M.Pd and -, Dr. Ahmad Muhibbin, M.Si (2021) MARKETING JASA PENDIDIKAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH (STAIM) KLATEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi agung widodo 24 mei 22.pdf Download (947kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN AGUNG WIDODO SIAP OK sip.pdf Download (813kB) |
|
PDF (Bab I)
bab 1 agung widodo Q100217038.pdf Download (260kB) |
|
PDF (Bab II)
bab 2 agung widodo Q100217038.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
bab 3 agung widodo Q100217038.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
bab 4 agung widodo Q100217038.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
bab 5 agung widodo Q100217038.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
pernyataan publikasi ilmiah.pdf Download (250kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian adalah fluktuasi jumlah mahasiswa di di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Klaten dan adanya persaingan antar lembaga pendidikan. Sehingga Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) Mengetahui strategi pemasaran perguruan tinggi di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Klaten, (2) Mengetahui Implementasi manajemen pemasaran di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah, (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen pemasaran di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Klaten Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Klaten. Subjek dari penelitian ini adalah Ketua. Informan dari penelitian ini adalah Wakil Ketua, Staff Kepala TU, dan Mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksa keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan yang dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Klaten adalah: (a). Pemasaran secara langsung, yaitu dengan pemanfaatan IT, media cetak, dan elektonik. (b). Pemasaran tidak langsung yaitu dengan mengadakan sosialisasi ke Sekolah Menengah Atas/MA dan pengabdian masyarakat. Faktor pendukung antara lain; dosen yang mengajar sesuai bidang, letaknya yang geografis, harga terjangkau, kepercayaan yang tinggi dari masyarakat. Sedangkan faktor penghambat meliputi sarana-prasarana yang masih kurang, banyaknya pesaing antar lembaga. Solusi yang dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Klaten terhadap penghambat antara lain; dari segi pelayanan fisik kampus berusaha untuk mengumpulkan dana guna menambah ruangan, sedangkan dari pelayanan non fisik di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Klaten selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk para mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing, Jasa, Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | AGUNG WIDODO |
Date Deposited: | 24 May 2022 06:14 |
Last Modified: | 24 May 2022 06:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/100694 |
Actions (login required)
View Item |