HERWANTO, HEDI (2010) PENGARUH CDI RACING (PROGRAMMABLE) DAN KOIL RACING PADA PERFORMA SEPEDA MOTOR. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
D200000031.pdf Download (94kB) |
|
PDF
D200000031.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Unjuk kerja mesin dipengaruhi tiga faktor utama, yaitu daya, torsi dan konsumsi bahan bakar. Dengan usaha memperhatikan dan menyempurnakan parameter-parameter yang mempengaruhinya agar daya dan torsi tersebut bertambah, salah satu diantaranya adalah pengubahan sistem pengapian, hal ini mempunyai maksud agar pembakaran di dalam ruang bakar terjadi dengan sempurna, dengan pembakaran yang sempurna hal ini bertujuan agar unjuk kerja dari mesin tersebut dapat meningkat tanpa mengurangi efisiensi dari mesin tersebut. Penggantian CDI dan koil standar dengan tipe racing merupakan salah satu cara agar mendapatkan pengapian yang lebih baik sehingga diharapkan terjadi pembakaran yang sempurna di ruang bakar. Hal ini bertujuan agar mengetahui perbandingan daya dan torsi serta konsumsi bahan bakar spesifik motor standart dengan motor yang menggunakan CDI racing dan koil racing. Proses pengujian ini menggunakan dynometer merek sportdyno v.3.2. Tahap pengujian dilakukan dengan mengendarai sepeda motor di atas mesin dynometer. Dengan memasukkan gigi perseneling ke gigi tiga dengan putaran awal 4000 rpm lalu memutar handle gas hingga pada putaran peak, kemudian hasil akan terlihat di layar monitor komputer yang terhubung dengan mesin dynometer, dan hasil akan tersimpan dalam komputer. Dari hasil pengujian didapatkan hasil berupa print out yang berupa grafik daya, torsi dan putaran mesin. Dengan pemakaian koil racing ada peningkatan torsi sepeda motor sedangkan untuk pemakaian cdi racing torsi sepeda motor tidak bertambah. Sedang untuk daya dengan pemakaian koil racing ada peningkatan daya motor tapi tidak terlalu tinggi, sedangkan untuk pemakaian CDI racing daya motor tetap. Penggunaan koil racing maupun CDI racing mampu mengurangi konsumsi bahan bakar spesifik sehingga lebih irit dibandingkan dengan motor standart. Kata Kunci : Koil racing, CDI racing, Daya, Torsi
Item Type: | Karya ilmiah (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Koil racing, CDI racing, Daya, Torsi |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 26 Jan 2011 09:23 |
Last Modified: | 26 Jan 2011 09:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10065 |
Actions (login required)
View Item |