NILAI-NILAI TOLERANSI DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL-MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO

Suryono, Suryono and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Prof. Dr. Musa Asy’arie (2021) NILAI-NILAI TOLERANSI DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL-MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO. Disertasi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Ringkasan Disertasi)
Suryono OK.pdf

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada nilai-nilai toleransi Di Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin (PPIM) Ngruki Sukoharjo. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Karakteristik dan bentuk toleransi para ustadz dan ustadzah PPIM Ngruki. 2) Nilai-nilai toleransi pada kurikulum yang diajarkan di PPIM Ngruki. 3) Nilai-nilai toleransi yang diimplementasikan di PPIM Ngruki. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik dan bentuk toleransi para ustadz dan ustadzah, menganalisis nilai-nilai toleransi pada kurikulum, dan mendeskripsikan nilai-nilai yang diimplementasikan di PPIM Ngruki. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya etnografi. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif dengan uraian dan penafsiran suatu budaya atau sistem kelompok sosial. Peneliti menguji kelompok tersebut dan mempelajari pola perilaku, kebiasaan, dan cara hidup. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, karakteristik ustadz dan ustadzah PPIM Ngruki yang toleran dapat dilihat dari sikap perdamaian, menghargai perbedaan, dan kesadaran. Hal tersebut terwujud karena PPIM Ngruki melakukan objektivikasi dengan menuangkan nilai-nilai keislaman ke dalam visi misi lembaga dan menjabarkannya dalam kurikulum, serta aturan-aturan pondok pesantren. Selain itu, dilakukan juga internalisasi dan eksternalisasi. Internalisasi dilakukan dengan penguatan individu pesantren untuk mamahami dan melaksanakan nilai-nilai keislaman. Sedangkan ekternalisasi diwujudkan dalam interaksi sosial yang menerapkan ajaran Islam sebagai raḥmatan lil’alamin. Nilai-nilai toleransi yang ada pada kurikulum ditunjukkan dengan kurikulum di PPIM Ngruki, selain menerapkan kurikulum pesantren juga mengikuti standar yang telah dicanangkan pemerintah. Mata pelajaran kewarganegaraan diajarkan di PPIM Ngruki, akan tetapi secara teoritis kurang ditekankan. Para ustadz dan ustadzah lebih menekankan pembelajaran kewarganegaraan secara praktis, sebab perwujudan pembelajaran kewarganegaraan adalah akhlak mulia. Implementasi nilai-nilai toleransi PPIM Ngruki dilihat dari: tidak memaksakan penerapan syariat Islam di Indonesia, bersikap wasaṭiyah dalam perpolitikan, yaitu tidak mewajibkan dan juga tidak melarang partisipasi dalam perpolitikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa PPIM Ngruki termasuk lembaga pendidikan Islam yang toleran dan tidak radikal. Penulis menyarankan kepada pengelola PPIM Ngruki agar lebih memperbanyak kegiatan yang mengundang masyarakat umum, khususnya akademisi dan pemerintah, untuk bersinergi dalam program menghilangkan kesan eksklusif.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik ustadz, nilai toleransi, pondok pesantren
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Agama Islam > BA11 Pendidikan Agama Islam
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > S3 Pendidikan Islam
Depositing User: Gatiningsih
Date Deposited: 23 May 2022 03:42
Last Modified: 29 May 2023 03:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/100578

Actions (login required)

View Item View Item