ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN BERDASARKAN KOMITMEN RGANISASI, PENGENDALIAN INTERN DAN PENERAPAN PRINSIP- PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Survei pada Rumah Sakit Mojosongo 2 Palur)

WULANDARI, NUR LUTFI (2010) ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN BERDASARKAN KOMITMEN RGANISASI, PENGENDALIAN INTERN DAN PENERAPAN PRINSIP- PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Survei pada Rumah Sakit Mojosongo 2 Palur). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200060099.pdf

Download (53kB)
[img] PDF
B200060099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi dan pengendalian intern terhadap good corporate govenrance dan menganalisis pengaruh komitmen organisasi dan pengendalian intern terhadap kinerja perusahaan dengan good corporate governance sebagai variabel moderating. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan terwujudnya kinerja pemerintahan yang baik setelah diadakan penelitian tentang kinerja perusahaan berdasarkan komitmen organisasi, pengendalian intern dan penerapan prinsip-prinsip good corporate governance. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif yaitu menjelaskan hubungan sebab akibat dari sejumlah variabel yang diteliti. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian adalah Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 30 responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Rumah Sakit Mojosongo 2 Palur, artinya semakin tinggi tingkat komitmen organisasi pada pegawai, maka kinerja pegawai Rumah Sakit Mojosongo 2 Palur semakin meningkat. Pengendalian intern berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Rumah Sakit Mojosongo 2 Palur, artinya semakin baik tingkat pengendalian intern pegawai rumah sakit, maka akan semakin meningkatkan kinerja pegawai Rumah Sakit Mojosongo 2 Palur. Good corporate governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Rumah Sakit Mojosongo 2 Palur, artinya semakin meningkat good corporate governance, maka kinerja pegawai Rumah Sakit Mojosongo 2 Palur akan semakin mengalami peningkatan. Komitmen organisasi, pengendalian intern dan good corporate governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Rumah Sakit Mojosongo 2 Palur, artinya dengan adanya komitmen organisasi, pengendalian intern dan good corporate governance maka kinerja pegawai Rumah Sakit Mojosongo 2 Palur akan semakin mengalami peningkatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komitmen organisasi, pengendalian intern, good corporate governance dan kinerja pegawai.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 24 Jan 2011 08:40
Last Modified: 12 Jun 2012 07:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

View Item View Item