PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH (Studi Kasus di Kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010)

AMINAN , AMINAN (2010) PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH (Studi Kasus di Kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
G000080150.pdf

Download (224kB)
[img] PDF
G000080150.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)

Abstract

Media memberikan banyak pengaruh pada dunia pendidikan. Wujudnya yang berupa elektronik, telah menjelma menjadi media pembelajaran yang membantu membawakan pesan pengetahuan kepada siswa. Kesesuaian media dengan tujuan yang akan raih dalam pembelajaran merupakan suatu hal yang harus dipenuhi. Selain itu, pembelajaran akan lebih efektif, jika siswa dihadapkan kepada pengalaman belajar secara langsung melalui peragaan alat bantu. Untuk itu, guru sebagai fasilitator dituntut untuk mampu menggunakan media dan alat pembelajaran. Oleh karena itu penelitian tentang penggunaan media dan alat dalam pembelajaran Fikih menjadi penting untuk dilakukan. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat ditarik sebuah rumusan masalah yaitu, bagaimana cara penggunaan media dan alat dalam proses pembelajaran Fikih di kelas VIII SM Al Firdaus Surakarta? Sebagaimana rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tata cara penggunaan media dan alat dalam proses pembelajaran Fikih di kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta. Adapun manfaat penelitian ini, dapat menambah khazanah keilmuan dalam penggunaan media dan alat dalam pembelajaran Fikih, serta dapat menjadi masukan bagi guru tentang pengunaaan media dan alat pembelajaran yang tepat bagi siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis datanya adalah menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan media dan alat dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII B SM Al Firdaus, guru menggunakan pola terkontrol di luar kelas, yaitu di ruang perpustakaan dan mushalla sekolah. Guna mencapai tujuan pembelajaran, guru melaksanakan tiga langkah/cara dalam menggunakan media dan alat, yaitu (1) Persiapan, yaitu dengan pembukaan, penyampaian tujuan pembelajaran persiapan alat dan suasana pembelajaran; (2) Kegiatan inti penggunaan media dan alat, yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan pemutaran media VCD Tata Cara Penyelenggaraan Jenazah dan peragaan mengafani dan menyalatkan jenazah, pengaturan penggunaannya dan kontrol suasana pembelajaran; (3) Kegiatan akhir, yaitu tugas refleksi, demonstrasi peragaan siswa dan penutup. Penggunaan media dan alat dalam proses pembelajaran Fikih di kelas VIII B SM Al Firdaus telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan cara penggunaan media dan alat pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2011 06:13
Last Modified: 13 Jun 2012 07:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10015

Actions (login required)

View Item View Item