Analisis Pengaruh Ukuran, Pertumbuhan Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Koefisien Respon Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2011)

APRILIANA, FITRI and , Dra. Erma Setyawati, Ak, M.Si (2014) Analisis Pengaruh Ukuran, Pertumbuhan Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Koefisien Respon Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (419kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas Perusahaan berpengaruh terhadap Koefisien Respon Laba (ERC) pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 97 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada kurun waktu 2009-2011. Jadi sampel keseluruhan berjumlah 237. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi dilakukan uji asumsi klasik, agar menghasilkan nilai parameter model penduga yang sah. Secara parsial (uji t) bahwa Ukuran Perusahaan yang diproksi dengan LnASET mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Koefisien Respon Laba. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi Ukuran Perusahaan sebesar 0,042 dibawah 0,05, artinya jika Ukuran Perusahaan semakin tinggi maka semakin tinggi pula Koefisien Respon Labanya. Pertumbuhan Perusahaan yang diproksi dengan PBV tidak mempunyai pengaruh terhadap Koefisien Respon Laba. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi PBV yaitu sebesar 0,242 diatas 0,05. Profitabilitas Perusahaan yang diproksi dengan ROA mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Koefisien Respon Laba. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi Pertumbuhan Perusahaan sebesar 0,002 dibawah 0,05, artinya jika profitabilitas Perusahaan semakin tinggi maka semakin tinggi pula Koefisien Respon Labanya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Koefisien Respon Laba (ERC), ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 06 Oct 2014 13:32
Last Modified: 18 Oct 2021 02:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30320

Actions (login required)

View Item View Item