Pemanfaatan Kawasan Karst Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Di Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri Dalam Perspektif Undang-Undang No.32 Tahun 2009 Tentang Lingkungan Hidup)

Rusyani, Myda and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si. (2014) Pemanfaatan Kawasan Karst Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Di Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri Dalam Perspektif Undang-Undang No.32 Tahun 2009 Tentang Lingkungan Hidup). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (775kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (363kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perlindungan dan pemanfaatan kawasan karst untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Eromoko kabupaten wonogiri dalam perspektif Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup, meliputi peraturan, pelaksanaan, kendala dan solusinya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Dengan strategi studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan kawasan karst di Kecamatan Eromoko. Pemanfaatan kawasan karst terdapat tiga aspek yaitu aspek ekonomi, aspek pendidikan dan aspek kemanusiaan. Pemanfaatan kawasan karst tersebut bertujuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Eromoko, dengan indikator kesejahteraan antara lain pendidikan, kesehatan, bangunan perumahan, dan ketenaga kerjaan. Bentuk perlindungan kawasan karst dengan memanfatakannya sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup dengan indikator pemanfaatan sumberdaya alam dilakukan berdasar LPPLH (rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup), pemanfaatan sumberdaya alam berdasar daya dukung, daya tampung lingkungan hidup. Kawasan karst di Kecamatan Eromoko selain dapat dimanfaatkan memerlukan perlindungan melalui aturan hukum, sehingga perlu dapat digunakan sebagai pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perlindungan, pemanfaatan, kawasan karst di Kecamatan Eromoko, analisis interaktif.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2014 09:22
Last Modified: 16 Oct 2021 13:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28427

Actions (login required)

View Item View Item