Wati, Lisna and , Dr. Hj. Suyatmini, M.Si. and , Drs. H. Nur Chusni, SE., M.Ag (2013) Pengaruh Intensitas Belajar Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Di SMA N 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (626kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (541kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA N 1 Banyudono. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA N 1 Banyudono. 3) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA N 1 Banyudono. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 banyudono tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak adalah 96 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 28,927 + 0, 164.X1 + 0, 391.X2. Persamaan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa dipengaruhi oleh mengenai variabel intensitas belajar dan penggunaan media pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh intensitas belajar terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA N 1 Banyudono” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,165 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,033 dengan sumbangan efektif sebesar 3,5%. 2) “ Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA N 1 Banyudono ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,948 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 19,7%. 3) “ Ada pengaruh intensitas belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA N 1 Banyudono ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 14,077 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,232 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh intensitas belajar dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap kemampuan kognitif siswa adalah sebesar 23,2%, sedangkan 76,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas Belajar, Media Pembelajaran, dan Kemampuan Kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 01 Oct 2013 10:57 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 05:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26411 |
Actions (login required)
View Item |