Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Tn. S dengan Masalah Utama Harga Diri Rendah di Ruang Amarta Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta

Saputra, Trendy Okta and , Wachidah Yuniartika, S.Kep., Ns., M.Kep and , Arif Widodo, A.Kep., M.Kes (2013) Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Tn. S dengan Masalah Utama Harga Diri Rendah di Ruang Amarta Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (666kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kehidupan manusia dewasa ini yang semakin sulit dan komplek serta semakin bertambahnya stressor psikososial akibat budaya masyarakat modern yang cenderung lebih sekuler, menyebabkan manusia tidak dapat menghindari tekanantekanan hidup yang mereka alami. Kondisi kritis ini membawa dampak terhadap peningkatan kualitas maupun kuantitas penyakit mental-emosional manusia atau yang biasa kita sebut dengan gangguan jiwa. Salah satu dari gangguan jiwa tersebut adalah harga diri rendah. Tujuan Mengetahui asuhan keperawatan yang tepat pada Sdr. S dengan masalah utama harga diri rendah. Meliputi: pengkajian, menegakkan diagnosa, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Setelah dilakukan pengkajian, diagnosa yang muncul adalah. Isolasi social: menarik diri berhubungan dengan harga diri rendah dan gangguan konsep diri: harga diri rendah berhubungan dengan koping individu tidak efektif. Setelah dilakukan asuhan keperawatan dari TUK 1 sampai 6. Diharapkan klien dapat memahami dan mengulang kembali dari apa yang telah diajarkan. Tetapi tidak semua, sesuai dengan intervensi keperawatan, dikarenakan dari pihak keluarga belum sempat menjenguk klien dan berpartisipasi secara langsung, sehingga TUK 6 belum bisa dilaksanakan. Dalam melaksanakan asuhan keperawatan pada klien dengan harga diri rendah, terdapat beberapa data pada konsep teori, tetapi tidak muncul dalam resume keperawatan. Komunikasi terapeutik dapat mendorong pasien lebih kooperatif dan dapat menciptakan suasana nyaman dan tenang. Disamping itu peran perawat dan keluarga juga sangat penting dalam proses penyembuhan klien.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asuhan keperawatan jiwa, harga diri rendah.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 08:14
Last Modified: 25 Oct 2021 03:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25882

Actions (login required)

View Item View Item