Optimalisasi Metode Pembelajaran Delikan untuk Meningkatkan Minat Dan Keaktifan Belajar Matematika ( PTK Pada Siswa Kelas VII C SMP N 1 Gatak Tahun Pelajaran 2012/2013 )

Febriyanti, Dwi and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Optimalisasi Metode Pembelajaran Delikan untuk Meningkatkan Minat Dan Keaktifan Belajar Matematika ( PTK Pada Siswa Kelas VII C SMP N 1 Gatak Tahun Pelajaran 2012/2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (740kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (608kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran delikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII SMP N 1 Gatak yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan keaktifan belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran delikan. Peningkatan ini dapat dilihat dari indikator-indikatornya. Dari indikator minat, yaitu mengerjakan tugas rumah sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (25%), setelah tindakan sebanyak 29 siswa (90,625%), memperhatikan proses pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (37,5%), setelah tindakan sebanyak 25 siswa (78,125%), mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 7 siswa (21,875%), setelah tindakan sebanyak 20 siswa (62,5%). Adapun indikator keaktifan, yaitu mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (25%), setelah tindakan sebanyak 23 siswa (71,875%), mengemukakan ide sebelum tindakan sebanyak 7 siswa (21,875%) setelah tindakan sebanyak 19 siswa (59,375%), mampu mengatasi masalah sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (18,75%), setelah tindakan 30 siswa (97,75%), dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran delikan dapat meningkatkan minat dan keaktifan belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Delikan, minat, keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2013 06:02
Last Modified: 02 Nov 2021 23:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25226

Actions (login required)

View Item View Item