Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Retardasi Mental Dalam Personal Hygiene Di SDIT Negeri Colomadu

Rini, Reni Puspita (2012) Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Retardasi Mental Dalam Personal Hygiene Di SDIT Negeri Colomadu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (941kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (955kB)

Abstract

Anak dengan reardasi mental mempunyai keterlambatan dan keterbatasan dalam semua area perkembangan sehingga kesulitan dalam memiliki kemampuan dalam merawat diri dan cenderung tergantung dengan lingkungan terutama pada orang tua dan saudara-saudaranya. Untuk mengurangi ketergantungan dan keterbatasan dapat dilakukan dengan pendidikan khusus, latihan-latihan, memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang kegiatan kehidupan sehari-hari (Activity Daily Living/ADL). Keberhasilan anak berkelainan dalam meniti tugas perkembangannya tidak lepas dari bimbingan dan perhatian orang tua. Dalam membimbing dan mendidik anaknya orang tua dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan orang tua yang baik diharapkan dapat memandirikan anaknya. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan tingkat kemandirian anak retardasi mental dalam personal hygiene di SDLB Negeri Colomadu. Metode penelitian menggunakan rancangan Deskriptif Korelatif. Sampel penelitian adalah 31 orang tua yang mempunyai anak retardasi mental yang bersekolah di SDLB Negeri Colomadu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh data penelitian diperoleh dari kuesioner kemandirian anak dan tingkat pendidikan orang tua. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Fisher’s Exact Test. Hasil penelitian menunjukkan 16 responden (51,6%) berpendidikan rendah mempunyai anak mandiri sebanyak 11 anak (35,5%) dan tidak mandiri sebanyak 5 anak (16,1%), 15 responden berpendidikan tinggi mempunyai anak mandiri sebanyak 5 anak (16,1%) dan anak tidak mandiri sebanyak 10 anak (32,3%).. Hasil uji statistic Fisher’s Exact Test diperoleh nilai p = 0,076. Kesimpulan penelitian adalah tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan tingkat kemandirian anak retardasi mental dalam personal hygiene di SDLB Negeri Colomadu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Orang Tua, kemandirian, Anak Retardasi Mental, Personal Hygiene
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Dec 2012 07:13
Last Modified: 11 Dec 2012 07:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21978

Actions (login required)

View Item View Item