Suseno, Agus (2012) Upaya Peningkatan Pemahaman Pendidikan Al Qur’an Dan Hadist Melalui Gramatika And Translation Method Di Kelas IV SDIT Hidayatur Rahman Jembangan Pringanom Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (416kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (130kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (289kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah penggunaan metode Gramatika and translation method dapat meningkatkan pemahaman terhadap Al Qur’an dan Hadist di Kelas IV SDIT Hidayaturrahman Jembangan Pringanom Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDIT Hidayaturrahman Jembangan Pringanom Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam dalam Bab IV dapat diketahui bahwa. pada siklus I jumlah anak yang mendapat nilai < 70 sebanyak 9 anak (25,7 %) sedangkan yang mendapat nilai di atas 70 sebanyak 26 anak (74,3%) dengan rata-rata kelas 72,00. Sedangkan Pada siklus II nilai rata-rata kelas 80 dan jumlah anak yang mendapat nilai < 70 sebanyak 1 anak atau 2,8 % dari jumlah seluruh siswa, sedangkan anak yang mendapat nilai 70 ke atas sebanyak 34 anak atau 97,2 % dari jumlah seluruh siswa. Hal itu menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi pelajaran mengalami peningkatan dalam proses belajar mengajar siklus II setelah guru menyampaikan materi pelajaran dengan metode gramatika and translation. Peningkatan rata-rata dan ketuntasan belajar menandakan keberhasilan dalam proses belajar mengajar
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan, Hasil Belajar, Gramatika and translation method |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 Sep 2012 09:44 |
Last Modified: | 28 Sep 2012 09:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20362 |
Actions (login required)
View Item |