Analisis Rasio Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Tingkat Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di Bei

Sudarwati, Eni (2012) Analisis Rasio Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Tingkat Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di Bei. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (768kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rasio keuangan berpengaruh signifikan terhadap tingkat kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2010. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan-masukan atau informasi bagi perusahaan dan penanam modal (investor) untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam usaha untuk maningkatkan atau mengembangkan kinerja keuangan dimasa yang akan datang. Kinerja keuangan adalah prestasi kerja yang telah dicapai oleh perusahaan dalam suatu periode waktu yang tertuang pada laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan. Kinerja keuangan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Cash Flow Return on Asset (CFROA). Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 22 perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia, dimana metode yang digunakan adalah purposive sampling yaitu metode pengambilan sampel yang mengambil objek dengan kriteria tertentu. Untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, R2 dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian analisis data dengan menggunakan uji t untuk variabel likuiditas diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,785 > 0,05 sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap CFROA perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia, maka rasio likuiditas tidak berpengaruh terhadap tingkat kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia. Hasil uji t untuk variabel solvabilitas diperoleh nilai signifikansi 0,985 > 0,05 sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap CFROA perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia, maka rasio solvabilitas tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan keuangan perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan uji t untuk variabel profitabilitas diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 sehingga berpengaruh signifikan terhadap CFROA perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia, maka profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Cash Flow Return on Asset (CFROA), Liukuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Sep 2012 10:25
Last Modified: 17 Sep 2012 10:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19985

Actions (login required)

View Item View Item