Persepsi Akuntan Publik, Akuntan Pendidik Dan Mahasiswa Akuntansi (Ums) Terhadap Etika Bisnis Dan Etika Profesi Akuntan

APRILIA, ANITA ASTRI (2012) Persepsi Akuntan Publik, Akuntan Pendidik Dan Mahasiswa Akuntansi (Ums) Terhadap Etika Bisnis Dan Etika Profesi Akuntan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya etika dalam dunia bisnis memberikan sinyalemen kepada organisasi pendidikan dan profesi untuk mencermati bagaimana pemahaman akuntan dan calon akuntan terhadap persoalan-persoalan etika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara persepsi akuntan publik, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi (UMS) terhadap etika bisnis dan etika profesi akuntan. Untuk menguji penelitian ini penulis mengambil 77 sampel responden dengan teknik convinience sampling yang mewakili 25 responden akuntan publik, 21 responden akuntan pendidik, dan. 31 responden mahasiswa akuntansi UMS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Untuk memperoleh nilai yang mendukung tujuan penilitian ini dilakukan uji non-parametrik kruskall walls dan uji parametrik One Way Anova untuk mengetahui perbedaan persepsi antara akuntan publik, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi (UMS) terhadap etika bisnis dan etika profesi akuntan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi tentang etika bisnis antara akuntan publik, akuntan pendidik, mahasiswa akuntansi (UMS) didasarkan pada hasil uji non-parametrik kruskal walls yang memperoleh nilai 12,799 > 5,591 signifikan pada taraf p-value 0,002 (p<0,05). Kemudian pada persepsi akuntan publik, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi (UMS) terhadap etika profesi akuntan didasarkan pada hasil uji parametrik one way anova memperoleh nilai 5,118 > 3,08 signifikan pada taraf p-value 0,008 (p<0,05)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis, Etika Profesi Akuntan, Akuntan Publik, Akuntan Pendidik, Mahasiswa Akuntansi (UMS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2012 06:58
Last Modified: 17 Apr 2012 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17998

Actions (login required)

View Item View Item