Pengaruh Partisipasi Anggaran, Gaya Kepemimpinan, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kesenjangan Anggaran (Studi Kasus Pada Pdam Kota Surakarta)

WIRYAWAN, ADITIA BUDI (2012) Pengaruh Partisipasi Anggaran, Gaya Kepemimpinan, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kesenjangan Anggaran (Studi Kasus Pada Pdam Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)

Abstract

Anggaran yang disusun secara partisipasif cenderung akan lebih realistis dan tidak terjadi senjangan anggaran. Partisipasi manajer tingkat bawah dalam penyusunan anggaran akan menghasilkan pengungkapan informasi yang lebih sesuai, artinya anggaran akan lebih mudah terealisasi dan mengurangi senjangan anggaran. Partisipasi akan cenderung meningkat jika partisipan dijadikan tolak ukur penilaian kinerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, gaya kepemimpinan, dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap kesenjangan anggaran. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer tingkat bawah sampai menengah dan karyawan di PDAM Kota Surakarta. Sampel yang diambil manajer tingkat bawah sampai menengah dan staf yang terkait dengan penyusunan anggaran dengan jumlah 72 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengujian instrument dengan uji validitas (korelasi product moment) dan uji reliabilitas (cronbach alpha) dan data dianalisis dengan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t (pengujian hipotesis). Hasil analisis menunjukkan bahwa partisipasi penyusunan anggaran, gaya kepemimpinan dan komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap kesenjangan anggaran. Ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat partisipasi anggaran, semakin baik gaya kepemimpinan dan semakin tinggi tingkat komitmen organisasi maka akan mengurangi kesenjangan anggaran

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggaran, gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, kesenjangan anggaran.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2012 10:59
Last Modified: 16 Apr 2012 10:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17974

Actions (login required)

View Item View Item