Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Time Token Arend Dipadukan dengan Metode Pembelajaran Number Head Together pada Siswa Kelas XI IPS Semester II SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Cahyaningsih, Eko Prasetyo (2012) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Time Token Arend Dipadukan dengan Metode Pembelajaran Number Head Together pada Siswa Kelas XI IPS Semester II SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo melalui penerapan metode pembelajaran Time Token Arend dipadukan dengan metode pembelajaran Number Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keaktifan siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 20,36%. Sedangkan dari hasil penerapan metode pembelajaran Time Token Arend dipadukan dengan Number Head Together pada siklus I prosentase keaktifan siswa meningkat sebesar 44,64%, siklus II mengalami peningkatan dengan prosentase sebesar 78,93%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Time Token Arend dipadukan dengan Number Head Together dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo, Pabelan, Kartasura tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Time Token Arend, Numbered Head Together, keaktifan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A210/2012-27
Uncontrolled Keywords: Time Token Arend, Numbered Head Together, keaktifan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 28 Mar 2012 10:08
Last Modified: 21 Nov 2019 02:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17562

Actions (login required)

View Item View Item