PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN ANTARA SISWA SISTEM REGULER DENGAN SISTEM BERSTANDARD INTERNASIONAL DI SMA KESATRIAN I SEMARANG

KUSUMASARI, RIA RIZKI (2010) PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN ANTARA SISWA SISTEM REGULER DENGAN SISTEM BERSTANDARD INTERNASIONAL DI SMA KESATRIAN I SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (273kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)

Abstract

Kecemasan adalah suatu keadaan khawatir yang mengeluhkan bahwa sesuatu yang buruk akan segera terjadi. Kecemasan bermanfaat bila hal tersebut memotivasi kita untuk belajar menjelang ujian. Sistem pendidikan reguler dan sistem berstandard Internasional merupakan sistem pendidikan yang dikelompokkan berdasarkan kurikulum pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan antara siswa sistem reguler dengan sistem berstandard Internasional di SMA Kesatrian I Semarang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan khususnya bidang psikiatri dan dapat digunakan sebagai pembanding atau pustaka bagi para peminat masalah yang berhubungan dengan tingkat kecemasan ataupun siswa sistem reguler dengan sistem berstandard Internasional sebagai bahan penelitian selanjutnya. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah siswa SMA Kesatrian I Semarang kelas reguler dan kelas berstandard Internasional. Penetapan sampel dengan proportional random sampling. Keseluruhan sampel berjumlah 215 orang, tetapi yang memenuhi kriteria restriksi dan bersedia mengikuti penelitian berjumlah 108 orang. Hasil penelitian dari instrumen penelitian berupa skala L-MMPI dan Taylor Mannifest Anxiety Scale yang kemudian diuji dengan uji beda Chi-Square menunjukkan terdapat perbedaan signifikan tingkat kecemasan antara siswa sistem reguler dengan sistem berstandard Internasional di SMA Kesatrian I Semarang, karena didapatkan X² hitung sebesar 0,4856 dan untuk signifikansinya didapatkan angka probabilitas sebesar 0,028. Dari angka probabilitas tersebut dapat diketahui bahwa perbedaan tersebut berbeda secara signifikan oleh karena angka tersebut < 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J500/2011-002
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kecemasan – Sistem Reguler Dengan Sistem Berstandard Internasional – Uji Beda Chi-Square
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 08:08
Last Modified: 16 Jun 2011 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12631

Actions (login required)

View Item View Item