PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA CALCANEUS SPUR SINISTRA DENGAN MICRO WAVE DIATHERMY (MWD) DAN MASSAGE DI RSAL DR. RAMELAN SURABAYA

PARAMITANINGRUM, ANGGUN (2010) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA CALCANEUS SPUR SINISTRA DENGAN MICRO WAVE DIATHERMY (MWD) DAN MASSAGE DI RSAL DR. RAMELAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
J100070040.pdf

Download (87kB)
[img] PDF
J100070040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)

Abstract

Latar Belakang : kurangnya pengetahuan masyarakat awam tentang perlindungan yang diberikan untuk daerah tumit yang akhirnya membawa kerugian bagi tumit, kaki, dan pergelangan kaki. Tujuan: untuk memberikan gambaran calcaneus spur kepada masyarakat dan bagaimana cara mengurangi nyerinya. Metode : karya tulis ilmiah ini menggunakan rancangan penelitian studi kasus di RS. Dr. Ramelan Surabaya dengan skala pengukuran Verbal Descriptive Scale (VDS) dan skala jette. Modalitas yang digunakan adalah Micro Wave Diathermy (MWD) dan Massage. Hasil : dari penelitian studi kasus ini diperoleh hasil adanya penurunan derajat nyeri dan meningkatnya kemampuan fungsional. Kesimpulan dan Saran : pemeriksaan fisioterapi yang teliti dengan menggunakan skala jette dan VDS untuk mendiagnosa adanya calcaneus spur, serta menggunakan Micro Wave Diathermy (MWD) dan Massage untuk pengurangan nyeri. Sehingga penulis menyarankan agar selalu menggunakan heelcup pada tumit, sehingga tumit tidak bersentuhan langsung dengan alas sepatu yang keras.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: calcaneus spur sinistra, micro wave diathermy, massage
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2011 08:49
Last Modified: 02 Feb 2011 08:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10233

Actions (login required)

View Item View Item