MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

HARLENA, EVA (2010) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
G000060044.pdf

Download (56kB)
[img] PDF
G000060044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana cara perencanaan manajemen kurikulum, serta bagaimana cara pengkoordinasian manajemen kurikulum, dan dan bagaiamana cara pengawasan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara perencanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, bagaimana cara mengkoordinasi manajemen kurikulum pendidikan agama islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, serta untuk menemukan bagaimana pengawasan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis lapangan (Field Research), dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskriftif. Subyek dalam penelitian ini yaitu, kepala sekolah, seluruh guru pendidikan agama Islam dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. pengumpulan data dilakukan melalui interview kepada kepala sekolah, koordinator kurikulum, dan guru-guru pendidikan agama Islam (PAI). Adapun observasi di lakukan untuk mengamati, mendengarkan, dan mencatat langsung terhadap perencanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam, pengkoordinasian, dan penagawasan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Sedangkan analisis datanya menggunakan kualitatif deskriptif dengan pola berpikir induktif. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan manajemen kurikulum PAI telah direncanakan dengan baik yaitu dengan penyusunan silabus, RPP dan program tahunan. Sedangkan pengkoordinasian di bagimenjadi dua yaitu koordinasi personil, dan koordinasi pembagian materi. Kemudian, cara pengawasan manajemen kurikulum PAI dilakasanakan pada saat proses dan penilaian akhir. Dapat dilihat dengan pengadaan tes formatif sebagai nilai harian dan tes sumatif pada akhir program pengajaran, di adakan juga pre-test dan post test.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2011 09:03
Last Modified: 13 Jun 2012 07:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9991

Actions (login required)

View Item View Item