PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

Arifin, Muhamad (2010) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200060244.pdf

Download (98kB)
[img] PDF
B200060244.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran akuntansi sangat terkait dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional mampu melatih kemampuan mahasiswa dalam mengenali perasaannya, mengendalikan suasana hati dan menunda kepuasan sesaat, dapat memotivasi dirinya,serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Kemampuan-kemampuan tersebut mampu mendukung seorang mahasiswa dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi pada Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sampel dalam penelitin ini adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansi yang sudah menempuh 120 SKS. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 90 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji t, dan disertai dengan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional pada aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, dan keterampilan sosial berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H1, H3, H5, dan H9 dapat diterima. Artinya kemampuan mahasiswa dalam mengenal potensi dirinya, mengendalikan diri termasuk sikap dan emosi, memotivasi dirinya, dan keterampilan sosial termasuk dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dapat membantu dalam meningkatan pemahaman akuntansi; (2) Kecerdasan emosional pada aspek empati tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H7 tidak dapat diterima. Artinya kemampuan mahasiswa dalam memahami dirinya sendiri tidak dapat membantu meningkatkan pemahaman akuntansi; (3) Kepercayaan diri tidak memoderasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H2, H4, H6, H8 dan H10 tidak dapat diterima. Artinya kepercayaan diri mahasiswa tidak berpengaruh terhadap kecerdasan emosional dalam membantu mahasiswa meningkatkan pemahaman akuntansi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 20 Jan 2011 09:08
Last Modified: 20 Jan 2011 09:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9929

Actions (login required)

View Item View Item