PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PROFESI AKUNTAN PUBLIK (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta)

PURNOMO I.S.A., DWI (2010) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PROFESI AKUNTAN PUBLIK (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200980181.pdf

Download (273kB)
[img] PDF
B200980181.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: 1) Tidak ada perbedaan antara persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik pada aspek independensi, 2) Tidak ada perbedaan antara persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik pada aspek kecakapan profesional, 3) Tidak ada perbedaan antara persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik pada aspek mutu pekerjaan, 4) Tidak ada perbedaan antara persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik pada aspek penerimaan klien, 5) Tidak ada perbedaan antara persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik. Populasi dalari penelitian ini adalah rnahasiswa akuntansi yang ada di Surakarta yaitu mahasiswa UMS dan UNS yang berjurnlah kurang lebih 780 mahasiswa. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 88 responden yang diambil dari 2 universitas yang ada di Surakarta yaitu UMS dan UNS. Metode analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, dan Uji Chi-Square (7, 2). Berdasarkan has]] analisis, maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Hasil uji chi­quare pada aspek independensi yaitu xz,,;tL,,,g adalah sebesar 235,480, sedangkan x`tabel dengan a~ 0,05 dan df = 8 sebesar 83,205. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa x`h;t„I,g > x`tahel (83,205 > 15,507) maka Ho ditolak atau Hi diterima, berarti terdapat perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik pada aspek independensi, 2) Hasil uji chi-square pada aspek kecakapan profesional yaitu x`h;t„7,p adalah sebesar 87,159 (lihat lampiran D) sedangkan xzlahe dengan a= 0,05 dan df = 6 sebesar 16,919. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa x~h;l„ng > X2tabel (87,159 > 12,592) maka Ho ditolak atau Hi diterima, berarti terdapat perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik pada aspek kecakapan professional, 3) Hasil uji chi-square pada aspek mutu pekerjaan yaitu x2h;t„I,g adalah sebesar 126,795 (lihat lampiran D) sedangkan xztabel den an a= 0~05 dan df = 12 sebesar 21,026. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa x h;,L,,,g > x,ahel (126,795 >21-;'026) maka Ho ditolak atau Hi diterima, berarti terdapat perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik pada aspek mutu pekeijaan, 4) I fasil uji chi-square pada aspek penerimaan klien yaitu xZh;,,n~ adalah sebesar sebesar 71,750 (lihat lampiran D) sedangkan xZtabel denqn a= 0,05 dan df = 8 sebesar 15,507. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa x > x`t„1,e, (71,750 > 15,507) maka Ho ditolak atau Hi diterima, berarti terdapat perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik pada aspek penerimaan klien, 5) Hasil uji chi-square pada keseluruhan aspek yaitu x`hitunL, adalah sebesar sebesar 147,830 sedangkan x2t,tx., dengan a= 0,05 dan df = 25 sebesar 37,652. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa xzh;t.g > x2tabe, (147,830 > 37,652) maka Ho ditolak atau Hi5diterima, berarti terdapat perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi yang berasal dari UMS dan UNS terhadap profesi akuntan publik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Profesi Akuntan Publik.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 19 Jan 2011 10:05
Last Modified: 19 Jan 2011 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9909

Actions (login required)

View Item View Item