ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PEMBERIAN INFORMASI OBAT INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ORTHOPEDI. PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA

Sari , Nawang (2008) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PEMBERIAN INFORMASI OBAT INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ORTHOPEDI. PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
K100040113.pdf

Download (124kB)
[img] PDF
K100040113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)

Abstract

Banyaknya obat yang memberi manfaat terapi haruslah dibarengi dengan pemberian informasi obat untuk menjaga keamanan pasien sebagai pengguna. Instalasi Farmasi Rumah Sakit Orthopedi Prof. DR. R. Soeharso. telah melaksanakan pemberian informasi obat tetapi bila pemberian informasi obat yang diberikan kurang berkualitas, dapat menyebabkan ketidakpuasan pada pasien dan secara tidak langsung dapat menurunkan jumlah pengguna pelayanan. Dari permasalahan diatas maka peneliti ingin mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan poliumum terhadap kualitas pemberian informasi obat di Instalasi Rumah Sakit Orthopedi Prof. DR. R. Soeharso. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang dilakukan secara observational dimana populasinya adalah pasien/keluarga pasien rawat jalan poli umum di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Orthopedi Prof. DR. R. Soeharso Surakarta yang diambil dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian Gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan poliumum terhadap kualitas pemberian informasi obat dari hasil perhitungan secara keseluruhan didapatkan nilai rerata sebesar 2,07 yang menyatakan bahwa pasien rawat jalan Cukup Puas terhadap informasi obat yang diberikan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Orthopedi. Berdasarkan rerata kepuasan kelima dimensi yang meliputi dimensi daya tanggap, dimensi kehandalan, dimensi jaminan, dimensi empati dan dimensi bukti langsung didapat rerata kepuasan yang tertinggi sebesar 3,73 pada dimensi jaminan, sedangkan rerata kepuasan yang terendah sebesar 0,82 dari dimensi daya tanggap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Pemberian informasi obat, Instalasi Farmasi Rumah sakit, Pasien rawat jalan.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2009 02:19
Last Modified: 02 Mar 2011 05:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item View Item