PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARANTERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MARKETING ( STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM “X” )

SANDHIASARI, MARISA (2010) PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARANTERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MARKETING ( STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM “X” ). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100080095.pdf

Download (446kB)
[img] PDF
B100080095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah : 1) Adakah pengaruh produk, harga (biaya), tempat (lokasi) dan promosi secara individual dan bersama-sama terhadap produktivitas kerja marketing Koperasi Simpan Pinjam “X”? 2) Variabel manakah yang paling berpengaruh diantara keempat faktor tersebut terhadap produktivitas kerja? Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah dari keseluruhan obyek. Sampel penelitian yang diambil 60 responden marketing Koperasi Simpan Pinjam “X” dengan teknik pengambilan sampling jenuh atau disebut juga metode sensus yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, uji asumsi klasik dan Koefisien Deterninasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Pernyataan hipotesis pertama yaitu terdapat pengaruh yang kuat antara produk, harga (biaya), tempat (lokasi) dan promosi secara individual terhadap produktivitas kerja dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel produk = 0,794; harga = 0,593; tempat = 0,499; promosi = 0,960 artinya variabel produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Selain itu didukung hasil uji t diperoleh nilai thitung variabel produk = 4,002; harga = 3,077; tempat = 3,193; promosi = 4,113 lebih besar ttabel 2,003 pada taraf signifikansi 0,000; 0,003; 0,002 dan 0,000 sehingga menolak H0 berarti ada pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3) dan promosi (X4) terhadap produktivitas kerja (Y). Pernyataan hipotesis kedua yaitu terdapat pengaruh yang kuat antara produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 79,916 > Ftabel sebesar 2,53 dan didukung dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,843 yang menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel produk, harga, tempat dan promosi terhadap produktivitas kerja adalah sebesar 84,3% sedangkan sisanya sebesar 15,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Sedangkan pernyataan hipotesis ketiga yaitu variabel yang paling berpengaruh terhadap produktivitas kerja yaitu variabel promosi. Hal ini dibuktikan dari hasil koefisien regresi yang diperoleh nilai koefisien regresi (B) yang paling besar adalah variabel promosi (X4) sebesar 0,960 dan didukung dari thitung yang sebesar 4,113 sehingga variabel yang paling dominan pengaruh terhadap produktivitas kerja adalah variabel promosi (X4).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: produk, harga, tempat, promosi, produktivitas kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 18 Jan 2011 10:14
Last Modified: 11 Jun 2012 11:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9865

Actions (login required)

View Item View Item