UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK MELALUI MEMBACA GAMBAR DI TK PERTIWI DARI TAHUN 2009/2010(Penelitian Tindakan Kelas Di TK PERTIWI 1 DARI KABUPATEN SRAGEN)

SETYOWATI , ANIS (2010) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK MELALUI MEMBACA GAMBAR DI TK PERTIWI DARI TAHUN 2009/2010(Penelitian Tindakan Kelas Di TK PERTIWI 1 DARI KABUPATEN SRAGEN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520085039.pdf

Download (305kB)
[img] PDF
A520085039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

linguistik anak melalui membaca gambar, 2) Untuk mengetahui faktor- faktor penghambat dan pendukung membaca gambar bagi anak TK Pertiwi 1 Dari Tahun Ajaran 2009/2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Review, Wawancara, Dokumentasi, dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data , penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Anak-anak mengalami peningkatan kemampuan berbahasa, 2) Kemampuan berbahasa anak pada siklus I yaitu kemampuan mendengar 66,6%, kemampuan menyimak yaitu 61,9%, kemampuan berbicara anak 66,6%. Sedangkan pada siklus II kemampuan mendengar anak 76,9%, kemampuan menyimak 80,7%, kemampuan berbicara 69,2%, 3) faktor-faktor penghambat dan pendukung membaca gambar yaitu dapat dilihat dari faktor lingkungan keluarga dan lingkungan luar keluarga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kemampuan Berbahasa Anak, Faktor-faktor Penghambat dan Pendukung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2011 08:25
Last Modified: 11 Jun 2012 04:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9835

Actions (login required)

View Item View Item