PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH IV KARANGGENENGBOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN 2009 / 2010

RAHAYU , PUJI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH IV KARANGGENENGBOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520085032.pdf

Download (31kB)
[img] PDF
A520085032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pada anak melalui permainan memasangkan gambar dengan kata pada anak didik kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Karanggeneng Boyolali Semeter 2 Tahun 2009/2010. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelompok B dan anak kelompok B dan data penelitian ioni adalah kemampuan membaca pada anak kelompok B. Teknik pengumpulan data ini diambil dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Ruang kelas dan proses kegiatan di dalamnya, (2) Informasi yaitu guru dan anak, (3) dokumen yaitu lampiran sertafoto kegiatan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Catatan lapangan, (4) Teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini, yakni terdapat peningkatan kemampuan membaca pada anak melalui permainan memasangkan gambar dengan kata pada anak kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal IV, yaitu dengan persentase sebagai berikut: (1) Menghubungkan dan menyebut tulisan sederhana dengan symbol, Pada siklus 1 50% (6 anak), pada siklus II 50% (14 anak), dan siklus III mencapai 75% (19 anak). (2) Membaca beberapa kata berdasarkan gambar-tulisan pada siklus I 30% (8 anak), pada siklus II 61% (16 anak), sedangkan pada siklus III meningkat 83% (21 anak). (3) Membuat coretan berbentuk kata berdasarkan gambar yang dibuatnya pada siklus I 34% (9 anak), pada sikus II 38% (11 anak), sedangkan pada siklus III meningkat 73% (18 anak).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, bermain, gambar dengan kata.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2011 09:57
Last Modified: 11 Jun 2012 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9832

Actions (login required)

View Item View Item