OPTIMASI PEMBUATAN EKSTRAK DAUN DEWANDARU (Eugenia uniflora L.) MENGGUNAKAN METODE MASERASI DENGAN PARAMETER KADAR TOTAL SENYAWA FENOLIK DAN FLAVONOID

Indraswari, Arista (2008) OPTIMASI PEMBUATAN EKSTRAK DAUN DEWANDARU (Eugenia uniflora L.) MENGGUNAKAN METODE MASERASI DENGAN PARAMETER KADAR TOTAL SENYAWA FENOLIK DAN FLAVONOID. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
K100040093.pdf

Download (996kB)
[img] PDF
K100040093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan bahan baku obat. Dewandaru (Eugenia uniflora L.) adalah salah satu tanaman yang memiliki berbagai potensi antara lain sebagai antioksidan dan antidiare. Senyawa aktif yang bertanggung jawab terhadap aktivitas di atas adalah fenolik dan flavonoid. Perbedaan metode dan cairan penyari ekstraksi yang digunakan menyebabkan perbedaan kadar dan jenis senyawa fenolik serta flavonoid yang akan diperoleh. Maserasi merupakan metode ekstraksi yang terpilih untuk digunakan, dengan menggunakan penyari campuran etanol dan air dalam berbagai konsentrasi. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui etanol dengan konsentrasi berapakah (30%, 70% atau 96%) yang efektif menghasilkan ekstrak daun dewandaru dengan kadar total senyawa fenolik dan flavonoid tertinggi menggunakan metode maserasi. Simplisia dewandaru yang telah diserbuk kasar, dimaserasi menggunakan 3 konsentrasi pelarut yang berbeda-beda (30%, 70%,dan 96%) selama 5 hari hingga didapatkan ekstrak kental. Selanjutnya diukur kadar total fenolik dan flavonoidnya menggunakan spektrofotometri visibel. Fenol ditetapkan menggunakan metode folin- ciocalteau dan flavonoid ditetapkan dengan metode kolorimetri alumunium klorida. Kadar fenolik yang diperoleh dinyatakan dalam GAE (Gallic Acid Equivalent), sedangkan kadar flavonoid dinyatakan dalam RE (Rutin Equivalent). Teknik analisis data dilakukan secara parametrik menggunakan SPSS Versi 10.0. Dari penelitian ini diketahui bahwa etanol 70% efektif mengekstraksi fenolik dari daun dewandaru dengan kadar total tertinggi sebesar 376,80 mg/g ekstrak, dan etanol 96% efektif mengekstraksi flavonoid daun dewandaru dengan kadar tertinggi sebesar 89,12 mg/g ekstrak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dewandaru (Eugenia uniflora L.), fenol, flavonoid, maserasi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Feb 2009 08:39
Last Modified: 02 Mar 2011 04:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item View Item