UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI NYANYIAN/LAGU BAGI ANAK USIA DINI Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah I Pandean, Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010

INDRATINI , DEWI (2010) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI NYANYIAN/LAGU BAGI ANAK USIA DINI Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah I Pandean, Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520085006.pdf

Download (150kB)
[img] PDF
A520085006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berbahasa anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini adalah dengan metode bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kosakata bahasa melalui bernyanyi bagi anak usia dini di TK Aisyiyah I Pandean Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK Aisyiyah I Pandean tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kosakata bahasa anak melalui pembelajaran metode bernyanyi pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan berbahasa dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan 45 %, siklus I mencapai 70 %, siklus II mencapai 85 %, dan siklus III mencapai 87 %. Oleh karena itu metode bernyanyi merupakan pembelajaran yang efektif dalam kemampuan berbahasa bagi anak usia dini. Pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi ini juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan bahasa bagi anak usia dini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan bahasa, Bernyanyi, Kosakata anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2011 09:11
Last Modified: 11 Jun 2012 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9826

Actions (login required)

View Item View Item