IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Gondang)

PRATIWI , RATIH BEKTI (2010) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Gondang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410060064.pdf

Download (352kB)
[img] PDF
A410060064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jajar genjang dan belah ketupat dalam pembelajaran matematika melalui metode synergetic teaching. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Gondang yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) ada peningkatan motivasi belajar matematika pada pokok bahasan jajar genjang dan belah ketupat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : a) antusias dalam belajar sebelum tindakan 69,68% dan setelah tindakan 87,87%, b) mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 18,18% dan setelah tindakan 69,69%, c) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan 9,09% dan setelah tindakan 51,51%, d) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 15,15% dan setelah tindakan 60,60%, e) mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 66,67% dan setelah tindakan 93,94%. (2) ada peningkatan prestasi belajar siswa dengan indikator siswa yang mendapatkan nilai ≥ 60 sebelum tindakan 45,45% dan setelah tindakan87,88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran synergetic teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2010-009
Uncontrolled Keywords: motivasi, prestasi belajar, synergetic teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 08:38
Last Modified: 08 Feb 2011 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9802

Actions (login required)

View Item View Item