PROBLEMATIKA PENGAJARAN BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 NGUTER SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2007-2008

Yulianto, Eka Andi (2008) PROBLEMATIKA PENGAJARAN BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 NGUTER SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2007-2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000000028.pdf

Download (186kB)
[img] PDF
G000000028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Lingkungan pembelajaran bidang studi PAI banyak tidak diminati oleh anak didik. Hal ini dimungkinkan terjadi karena disebabkan oleh unsur-unsur lain seperti materi pelajaran, guru pendidikan agama Islam, latar belakang sosial siswa, strategi mengajar guru, dan lain-lain Pengajaran merupakan perencanaan dan proses mengajar guru sekaligus kegiatan belajar siswa khususnya bidang studi agama Islam pada cabang bidang studi aqidah akhlak. Prolematika pengajaran seorang siswa biasanya tampak jelas dari menurunnya kinerja akademik atau prestasi belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika mengajar dan cara mengatasi problematika mengajar bidang studi pendidikan agama Islam di SMP N Nguter Sukoharjo. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat sebagai bahan rujukan teoritis bagi peneliti yang lebih dalam lagi tentang problematika pengajaran khususnya bidang studi pendidikan agama Islam, menjadi sumbangan informasi guru untuk membangkitkan siswa belajar agar lebih aktif dalam pelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan metode interview, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa problematika pengajaran Bidang Studi PAI di SMP N Nguter yaitu: siswa masih banyak yang belum dapat membaca arab dengan baik; kemampuan siswa dalam memahami pendidikan agama Islam kurang, seperti memaknai hadits ataupun al Qur’an, mengartikan, dan mengamalkan; media pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurang lengkap; minimnya dukungan masyarakat terhadap Pendidikan Agama Islam; waktu pendidikan agama Islam sedikit karena tidak memenuhi kapasitas materi pendidikan agama Islam; mata pelajaran pendidikan agama islam tidak disampaikan dengan dasar-dasar yang kuat sehingga materi yang diberikan menimbulkan kesulitan siswa untuk mempelajari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama Islam, problematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Feb 2009 02:23
Last Modified: 24 Feb 2011 08:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item View Item