PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) PADA MATA PELAJARAN IPA DI UPT SMP NEGERI 2 PUNUNG KABUPATEN PACITAN

HANDRITO SB., BAMBANG (2010) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) PADA MATA PELAJARAN IPA DI UPT SMP NEGERI 2 PUNUNG KABUPATEN PACITAN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100080267.pdf

Download (144kB)
[img] PDF
Q100080267.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)

Abstract

Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) pada mata pelajaran IPA di UPT SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti berusaha untuk mengetahui dan mengungkapkan secara jelas tujuan penelitian ini dari sudut pandang para pelaku atau subjek yang ditel iti, sehingga penelitian kualitatif yang dilaksanakan berorientasi pada pendekatan fenomenologis. Nara sumber dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru pengajar bidang studi IPA dan peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran IPA berbasis Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). Pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi. Tekni k analisis data menggunakan versi Milles dan Huberman yakni dengan cara red uksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pengelolaan pembelajaran IPA berbasis TIK dimulai dengan merancang RPR berorientasi TIK oleh tim guru IPA, melakukan pemodelan, melakukan peer teaching, memperbaiki RPP setelah peer teaching, dan menerapkan model di kelas yang dilanjutkan dengan evaluasi dan refleksi pada tiap akhir tatap muka. Pembelajaran berbasis TIK memberikan kemudahan bagi guru dalam mengorganisasi materi pelajaran, secara umum materi pelajarannya seragam diserap oleh peserta didik, baik urutan maupun ruang lingkupnya. Prestasi belajar peserta didik melalui pembelajaran berbasis TIK dapat membantu meningkatkan peserta didik untuk lebih aktif dan semangat dalam belajarnya serta dapat meni ngkatkan kemampuan mengajar guru. Hambatan pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis TIK adalah minimnya sarana pembelajaran seperti komputer/laptop, LCD, terbatasnya buku sumber materi pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengoperasikan dan membuat media pembelajaran berbasis TIK.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pembelajaran, teknologi informasi dan komputer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Jan 2011 09:02
Last Modified: 07 Jan 2011 09:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9705

Actions (login required)

View Item View Item