Peningkatan Minat Dan Keterampilan Membaca Melalui Strategi Pembelajaran Role Playing 4.0 Dan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 Di SDN 01 Koripan Tahun Pelajaran 2020/2021

Ananta, Prasetya Adi and , Dr. Minsih, S.Ag., M.Pd (2022) Peningkatan Minat Dan Keterampilan Membaca Melalui Strategi Pembelajaran Role Playing 4.0 Dan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 Di SDN 01 Koripan Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
BISMILLAAH NASPUB.pdf

Download (844kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
bismillah-1-16.pdf

Download (746kB)
[img] PDF (Bab I)
bismillah-17-21.pdf

Download (328kB)
[img] PDF (Bab II)
bismillah-22-37.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
bismillah-38-45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
bismillah-46-84.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
bismillah-85-87.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
bismillah-88-91.pdf

Download (387kB)
[img] PDF (Lampiran)
bismillah-92-132.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
BISMILAAH SURAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keterampilan membaca peserta didik kelas IV melalui strategi pembelajaran Role Playong 4.0 dan media ular tangga di SDN 01 Koripan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian yang telah dilakukan, adanya peningkatan minat membaca peserta didik kelas IV pada indicator terlihat senang membaca sebanyak 28 peserta didik (93%), aktif membaca dan mencari informasi sendiri sebanyak 25 peserta didik (83%), tidak menunda tugas dari guru dan semangat mengerjakan sebanyak 24 peserta didik (80%), mencatat dan focus dalam pembelajaran sebanyak 24 peserta didik (80%). Peningkatan hasil belajar peserta didik sebagai tolok ukur keterampilan membaca kelas IV sebanyak 27 peserta didik (90%). Indicator menemukan gagasan utama sebanyak 24 peserta didik (80%), menentukan fakta dan opini dengan tepat sebanyak 25 peserta didik (83,3%), menarik simpulan bacaan tanpa bantuan guru sebanyak 24 peserta didik (80%), menceritakan kembali cerita dengan pemahaman sendiri dengan tepat sebanyak 27 peserta didik (90%). Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran role playing 4.0 dan media ular tangga dapat meningkatkan minat dan keterampilan membaca peserta didik kelas IV di SD Negeri 01 Koripan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reading Interests, Reading Skills, Role Playing 4.0 Learning Strategies, Snakes and Ladders Media
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PRASETYA ADI ANANTA
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:14
Last Modified: 02 Feb 2022 04:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/97020

Actions (login required)

View Item View Item