PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN TINGKAT ANALISIS DENGAN STRATEGI RESPON PEMBACA PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C HARAPAN KELAS XI DESA MAJENANG, SUKODONO, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Taufiqurobbi, Irfad (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN TINGKAT ANALISIS DENGAN STRATEGI RESPON PEMBACA PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C HARAPAN KELAS XI DESA MAJENANG, SUKODONO, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060053.PDF

Download (58kB)
[img] PDF
A310060053.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah Strategi Respon Pembaca dapat meningkatkan kemampuan dan keaktifan proses membaca cerpen tingkat analisis pada warga belajar Kejar Paket C Harapan Kelas XI Desa Majenang, Sukodono, Sragen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keaktifan proses membaca cerpen tingkat analisis dengan Strategi Respon Pembaca pada warga belajar Kejar Paket C Harapan Desa Majenang, Sukodono, Sragen. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Jenis data penelitian ini adalah (1) nilai kemampuan membaca cerpen tingkat analisis pada warga belajar dalam skala prasiklus atau refleksi awal dan siklus, (2) keaktifan proses warga belajar Kejar Paket C Harapan di dalam pembelajaran membaca cerpen tingkat analisis pada skala prasiklus atau refleksi awal dan siklus, (3) tanggapan guru atau tutor dan warga belajar Kejar Paket C Harapan mengenai pembelajaran skala siklus (4) catatan lapangan hasil observasi pemberlajaran tahap prasiklus atau refleksi awal dan siklus. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua macam, (1) teknik observasi, dan (2) teknik kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini berupa, (1) reduksi data, (2) pemaparan data, dan (3) penyimpulan data. Hasil Penelitian ini berupa, (1) terjadi peningkatan kemampuan membaca cerpen tingkat analisis pada warga belajar dalam tahap siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari segi jumlah dan persentase nilai rata-rata dan peningkatan individu warga belajar pada saat prasiklus atau refleksi awal dan siklus. Pada tahap prasiklus atau refleksi awal, nilai rata-rata warga belajar adalah 55, sedangkan pada tahap siklus nilai rata-rata warga belajar sebesar 70,45. Peningkatan individu dalam tahap siklus dapat dilihat dari segi jumlah dan persentase warga belajar yang memperoleh nilai di atas KKM atau ≥60 yaitu, sebanyak 11 warga belajar atau sebesar 100% sedangkan di tahap prasiklus atau refleksi awal, warga belajar yang memperoleh nilai di atas KKM atau ≥60 yaitu, sebanyak 3 warga belajar atau 27,27%. (2) terjadi peningkatan keaktifan proses membaca cerpen tingkat analisis dengan kategori aktif pada warga belajar dalam tahap siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari segi perbandingan jumlah dan persentase warga belajar yang dikategorikan aktif pada pembelajaran prasiklus atau refleksi awal dan siklus. Jumlah warga belajar pada tahap prasiklus atau refleksi awal yang dikategorikan aktif sebanyak 4 warga belajar atau sebesar 36,36%, sedangkan jumlah warga belajar pada tahap siklus yang dikategorikan aktif sebanyak 9 warga belajar atau sebesar 81,81%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemampuan, keaktifan membaca cerpen tingkat analisis, dan Strategi Respon Pembaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2011 08:18
Last Modified: 09 Jun 2012 05:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9686

Actions (login required)

View Item View Item