Penerapan Metode Sosiodrama Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Sawahan Kecamatan Juwiring

Kusuma, Dwiky Chandra and , Sri Hartini, S.H.,M.Pd (2022) Penerapan Metode Sosiodrama Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Sawahan Kecamatan Juwiring. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naspub Dwiky Chandra K rev.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI Vitchi_001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa berbicara adalah suatu kemampuan untuk meyampaikan isi dari hal-hal yang dipikirkan seseorang kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru menggunakan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Sawahan Kecamatan Juwiring 2) Mengetahui cara menerapkan metode Sosiodrama untuk meningkatkan konsentrasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia. 3) Mengetahui peningkatan kemampuan berbicara, keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya kegiatan, siklus I, dan siklus II pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 01 Sawahan Kecamatan Juwiring. Penelitian Sosiodrama ini mengunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi,dan tes dengan menjadikan kepala sekolah dan guru kelas sebagai informan. Analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian menunjukkan :1) Guru sudah memahami perangkat pembelajaran dengan baik. 2)Penerapan metode ini mengunakan pembelajaran drama kelas sehinga siswa lebih aktif berbicara guna meningkatkan kemampuhan berbicara siswa. 3)Kemampuhan berbicara siswa meningkat yang sebelumnya hanya 52% siswa yang aktif berbicara setelah diterapkan medote ini dengan 2 siklus pada siklus ke 2 sebanyak 88% siswa yang aktif berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosiodrama SD. Kemampuan berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DWIKY CHANDRA KUSUMA
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:17
Last Modified: 24 Jan 2022 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/96752

Actions (login required)

View Item View Item