DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE CERAMAH UNTUK PEMBELAJARAN MORFOLOGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGGUNAAN MORFEM PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII A MTsN POPONGAN KABUPATEN KLATEN

HAMIDAH, LAILATUL (2010) DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE CERAMAH UNTUK PEMBELAJARAN MORFOLOGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGGUNAAN MORFEM PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII A MTsN POPONGAN KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060020.PDF

Download (21kB)
[img] PDF
A310060020.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penggunaan metode ceramah dalam pengajaran Bahasa Indonesia untuk mengajarkan teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan; (2) mengidentifikasi proses afiksasi pada teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan; (3) mengidentifikasi dampak penggunaan morfem pada teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan. Bentuk penelitian adalah penelitian deskriptif. Data pada penelitian ini adalah penggunaan metode ceramah pada teks pidato; dampak penggunaan morfem pada teks pidato siswa kelas VIII A MTsN Popongan Kabupaten Klaten. Data penelitian ini diambil dengan teknik dokumentasi dan teknik observasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode padan adalah metode yang penentunya di luar, terlepas, dan tidak menjadi bagian dari bahasa yang bersangkutan; metode agih adalah metode yang alat penentunya bagian dari bahasa yang bersangkutan; analisis data kualitatif model interaktif adalah komponen analisis reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan aktivitasnya saling berinteraksi dengan proses pengumpulan data sebagai siklus. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) penggunaan metode ceramah menggunakan tahap awal yaitu tahap persiapan guru menciptakan kondisi belajar yang baik, tahap inti yaitu tahap penyajian guru menyampaikan bahan ceramah, tahap asosiasi guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menghubungkan bahan ceramah yang telah diterima, tahap aplikasi dan evaluasi guru memberikan tugas menulis teks pidato pada siswa, tahap penutup yaitu tahap kesimpulan artinya siswa menyimpulkan materi yang sudah diberikan guru; (2) proses afiksasi pada teks pidato siswa pembubuhan depan (prefiks) ber-, me(N)-, se-, ter-, pembubuhan akhir (sufiks) -kan, -an, -i, -nya, pembubuhan terbagi (konfiks) di-kan, me(N)-kan, se-nya; (3) dampak penggunaan morfem pada teks pidato siswa kata-kata tidak baku menjadi baku bila terdapat penambahan proses morfemis khususnya proses afiksasi, kalimat menjadi baik dan benar diterapkan dalam kalimat menjadi padu sesuai urutan kalimat, dan adanya hubungan antara morfem dengan kata.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode ceramah, afiksasi, teks pidato.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2011 03:24
Last Modified: 09 Jun 2012 05:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9672

Actions (login required)

View Item View Item