KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENATARAN, DAN KEAKTIFAN GURU DALAM KKG TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG

Suwarsi, Suwarsi (2010) KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS, PENATARAN, DAN KEAKTIFAN GURU DALAM KKG TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100080112.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
Q100080112.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada kontribusi supervisi klinis, penataran, dan keaktifan dalam KKG terhadap kemampuan profesional guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang secara simultan dan parsial. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif expo facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Kecamatan Ngaliyan dengan jumlah 233. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 139 guru yang diperoleh dari tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael. Penentuan sampling penelitian ini dengan sampel random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis, penataran, dan keaktifan guru dalam KKG terhadap kemampuan profesional guru Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang secara simultan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai R² sebesar 0,595 berarti variabel supervisi klinis, penataran, dan keaktifan guru dalam KKG secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel kemampuan profesional guru sebesar 59,5%. Sedangkan sisanya sebesar 40,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti; (2) terdapat kontribusi variabel supervisi klinis terhadap kemampuan profesional guru Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan professional guru sebesar 19,13; (3) terdapat kontribusi variabel penataran terhadap kemampuan profesional guru Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,032 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan professional guru sebesar 13,33; dan (4) terdapat kontribusi variabel keaktifan guru dalam KKG terhadap kemampuan profesional guru Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi = 0,000 < 0,05 dengan besarmya sumbangan efektif yang diberikan terhadap kemampuan professional guru sebesar 27,09. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi tidak mengalami bias atau masalah asumsi klasik dapat dinyatakan BLUE (Best, Linier, Unbiased, Estimator).

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: supervisi, penataran, keaktifan dalam kkg, profesional guru
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jan 2011 09:29
Last Modified: 06 Jan 2011 09:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9664

Actions (login required)

View Item View Item