PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 2 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2009/2010

MANDIRI , YUKA (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 2 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060006.PDF

Download (74kB)
[img] PDF
A310060006.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (116MB)

Abstract

Yuka Mandiri, A. 310 060 006. ”“Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Pemanfaatan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2009/2010” Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran kemampuan menulis narasi dengan pemanfaatan media gambar berseri pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Sawit tahun pelajaran 2009 / 2010. Mendeskripsikan peningkatan kualitas dan hasil kemampuan menulis narasi dengan pemanfaatan media gambar pada siswa di kelas VII D SMP Negeri 2 Sawit tahun pelajaran 2009 / 2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2009 / 2010 mulai bulan Pebruari sampai Mei 2010. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIID pada semester 2. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan metode analisis data melalui tiga tahap yaitu (1) Reduksi Data, (2) Sajian Data, (3) Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini ditunjukan pada evaluasi berdasarkan tindakan kelas, yaitu pembelajaran yang awalnya biasa saja menjadi pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik menjadi aktif dan terjadi interaksi antar peserta didik. Pembelajaran dengan metode gambar berseri mampu meningkatkan kemampuan dalam menuntaskan belajar siswa di kelas. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa pada kondisi awal diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,03, pada siklus I meningkat menjadi 70,69, dan pada siklus II meningkat menjadi 73,51. 2) Pembelajaran dengan metode gambar berseri meningkatkan kemampuan, kreativitas, dan keaktifan peserta didik secara berarti. Hal ini ditunjukkan pada hasil evaluasi sebelum dan sesudah penelitian dan tanggapan guru kelas setelah rangkaian tindakan selesai. Keaktifan siswa dinilai memalui keaktifan bertanya mencapai 6 peserta didik (17,14%), pada siklus I mencapai 9 peserta didik (25,71), pada siklus II mencapai 19 peserta didik (54,29%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis narasi, gambar berseri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2011 09:11
Last Modified: 09 Jun 2012 05:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9660

Actions (login required)

View Item View Item