Manajemen Kurikulum Integratif Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Di SMA Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Tahun Pelajaran 2019/2020

Qoribah, Nihayatul and ., Prof. Bambang Sumardjoko, M.Pd. and ., Dr. Muthoifin, M.Ag. (2022) Manajemen Kurikulum Integratif Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Di SMA Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Tahun Pelajaran 2019/2020. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (714kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (729kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (621kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini bahwa bermula dari kegelisahan segenap Pendidik dan Tenaga Pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Sukoharjo Jawa Tengah,bahwa kwalitas mutu lulusan kurang kompetitif yang dimaksud adalah kurang maksimal dalam ranah Pengetahuan Ilmu terutama Ilmu Umum.Hal ini berimbas kepada para lulusan ketika mereka akan meneruskan kejenjang Universitas dalam proses seleksi masuk,mereka kalah dengan lulusan SMA Umum yang non Pesantren. Dalam penilitian yang dilakukan oleh peneliti dengan batasan masalah yaitu Bagaimana Perencanaan,Pelaksanaan,Evaluasi Manajemen Kurikulum Integratif dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SMA PPMI Assaalaam Sukoharjo Jawa Tengah.Dan paradigm penitian yaitu penelitian kualitatif,jenis penelitian yaitu penilitian lapangan.Dengan menggunakan teknik pengumpulan data Obsevasi,wawancara dan dokumentasi.Tahapan pengumpulan data melalui prosedur reduksi,penyajian serta penarikan kesimpulan.Yang menjadi subyek dan obyek penelitian adalah Kepala Sekolah,Kepala Kesantrian Putri,Kepala UPM,Guru,Peserta Didik,kegiatan/kebijakan yang diterapkan,dan melibatkan beberapa pihak yang terkait seperti komite sekolah. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Perencanan kurikulum Integratif dilaksanakan dengan : pengintegrasian tujuan kurikulum dan pengaturan dalam konten kurikulum melalui cara menyandingkan materi agama Islam dan materi kesantrian putri diPondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo.Pelaksanaan kurikulum Integratif dengan menyatukan penggunaan kalender pendidikan dan rencana kegiatan akademik juga mengintegrasikan supervisi pelaksanan kurikulum, dengan kerja sama antara Kepala Madrasah/Sekolah dan Kepala Pesantren/Kesantrian Putri dalam melakukan supervisi pembelajaran.Evaluasi kurikulum Integratif dengan cara: a) melakukan evaluasi konteks kurikulum b) melakukan evaluasi input c) melakukan evaluasi proses d) melakukan evaluasi produk, Implementasi Kurikulum Integratif dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SMA PPMI Assalaam Sukoharjo tidak lepas dari peran pengawasan Unit Penjaminan Mutu (UPM) PPMI ASSALAAM Sukoharjo.Dengan melakukan langkah perumusan atau perencanaan strategis antara lain : Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik, Koordinasi dengan Unit Sekolah dan Kesantrian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Management,Integrative Curriculum,Improving the Quality of Education
Subjects: X General Subject
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: NIHAYATUL QORIBAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:59
Last Modified: 18 Jan 2022 06:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/96500

Actions (login required)

View Item View Item