PENGELOLAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP SSN (Situs Studi : SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora)

WIYONO, SLAMET (2010) PENGELOLAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP SSN (Situs Studi : SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100080031.pdf

Download (163kB)
[img] PDF
Q100080031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh gambaran empirik tentang karakteristik pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2009/2010. Secara khusus, penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tentang karakteristik promosi, seleksi, dan pelaporan penerimaan peserta didik baru di SMP 1 Randublatung Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan etnografi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif, wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi tiga langkah pokok, yaitu : 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan kegiatan penerimaan peserta didik baru di SMP 1 Randublatung sudah berjalan sesuai aturan yang ada yaitu Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora nomor : 422.1/162 Tahun 2009 tentang Pedoman Penerimaan Peseta Didik Baru Tahun Pelajaran 2009/2010. Kegiatan tersebut meliputi pendaftaran, seleksi, pengumuman, daftar ulang sampai pelaporan. Promosi yang dilaksanakan adalah pemasangan spanduk, edaran ke SD di wilayah kecamatan Randublatung dan try-out UASBN untuk siswa kelas VI. Manfaat promosi dengan try-out adalah sekolah dapat melaksanakan tiga kegiatan dalam waktu satu hari. Pertama untuk menjaring calon siswa baru. Kedua untuk ikut meningkatkan hasil lulusan SD di wilayah Randublatung. Ketiga sebagai tindak lanjut sosialisasi program sekolah yaitu membuka kelas unggulan. Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP 1 Randublatung untuk kelas unggulan direncanakan dengan tes dan wawancara. Mengacu Peraturan Kepala Dinas Pendidikan di atas bahwa untuk sekolah katagori Sekolah Standar dan Sekolah Standar Nasional proses seleksinya cukup menggunakan nilai UASBN, Nilai US dan Nilai Bakat/Prestasi bagi yang memiliki. Dengan dasar itu maka saat pendaftaran siswa tinggal memilih kelas unggulan atau kelas reguler. Jumlah pendaftar 361 siswa. Diterima 316 sesuai daya tampung, rincian kelas reguler 284 siswa (8 kelas) dan kelas unggulan 32 siswa (1 kelas). Hambatan yang ada khususnya untuk membuka kelas unggulan. Direncanakan 64 siswa (2 kelas), ternyata yang berminat baru 32 siswa (1 kelas). Hal ini terjadi karena faktor dana. Kelas unggulan sifatnya mandiri khususnya untuk pengadaan sarana penunjang dibebankan pada orang tua. Semoga ke depan anggaran pendidikan dari pemerintah lebih meningkat sehingga program kelas unggulan dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolan, penerimaan, siswa baru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jan 2011 04:21
Last Modified: 06 Jan 2011 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9631

Actions (login required)

View Item View Item