PENGARUH NILAI TES MASUK DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN 2 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2009 / 2010

PURGIYANTI , IKA YULIANA (2010) PENGARUH NILAI TES MASUK DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN 2 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060127.pdf

Download (275kB)
[img] PDF
A210060127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh nilai tes masuk terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN 2 Banjarnegara tahun pelajaran 2009/2010 2) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN 2 Banjarnegara tahun pelajaran 2009/2010 3) pengaruh nilai tes masuk dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN 2 Banjarnegra tahun pelajaran 2009/2010 Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di MAN 2 Banjarnegra. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS MAN 2 Banjarnegara yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 126 orang siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Nilai tes masuk pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN 2 Banjarnegara tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,485 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN 2 Banjarnegara tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,023 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Nilai tes masuk dan disiplin belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas kelas XI IPS MAN 2 Banjarnegara tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,704 > 3,252 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel nilai tes masuk memberikan sumbangan efektif 21,5%. Variabel disiplin belajar memberikan sumbangan efektif 27,4%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel disiplin belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel nilai tes masuk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai tes masuk, disiplin belajar dan prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 09:58
Last Modified: 11 Jun 2012 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9621

Actions (login required)

View Item View Item