KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2009/2010

KURNIASIH , RIAN (2010) KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060122.pdf

Download (676kB)
[img] PDF
A210060122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran dan Intensitas Belajar terhadap Kemampuan Kognitif mahasiswa dalam mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah (AKM) Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang mengambil lokasi di FKIP-UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010 yang sedang menempuh mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I sejumlah kurang lebih 180 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 45 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, Uji F dan Uji t, serta perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa dalam mata kuliah AKM program studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,249 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,030. 2) Intensitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa dalam mata kuliah AKM program studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,668 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,011. 3) Media pembelajaran dan intensitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa dalam mata kuliah AKM pogram studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 11,998 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel media pembelajaran memberikan sumbangan efektif 16,1%. Variabel intensitas belajar memberikan sumbangan efektif 20,3%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel intensitas belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kemampuan kognitif dibandingkan variabel media pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, intensitas belajar dan kemampuan kognitif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 09:55
Last Modified: 11 Jun 2012 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9620

Actions (login required)

View Item View Item