HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010

PURWASIH , DWI SRI (2010) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060085.pdf

Download (63kB)
[img] PDF
A210060085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. 2) Pengaruh kondisi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. 3) Pengaruh antara motivasi belajar, lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 3 Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 120 siswa. Sampel diambil sebanyak 89 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,623 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,539 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Motivasi belajar dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 34,047 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 25,9%. Variabel lingkungan sekolah memberikan sumbangan efektif 18,3%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel lingkungan sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan sekolah, motivasi belajar dan prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 09:49
Last Modified: 11 Jun 2012 06:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9617

Actions (login required)

View Item View Item