PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO

SURAWA, SURAWA (2010) PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100070530.pdf

Download (193kB)
[img] PDF
Q100070530.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi: 1) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan ketrampilan mengajar terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 2) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 3) Motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 4) Ketrampilan mengajar terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri se Kecamatan grogol. Sebanyak 120 responden yang dijadikan sampel terdiri dari guru SD Negeri se Kecamatan Grogol. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif statistik. Adapun alat analisis data yang digunakan dengan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) Terdapat kontribusi persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan ketrampilan mengajar terhadap kepuasan unjuk kerja guru SD Negeri se kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Hal ini dibuktikan oleh nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif, hal ini dapat dikatakan bahwa variabel persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan ketrampilan mengajar secara bersama-sama mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap variabel Y (kepuasan kerja guru) di SDN Se kecamatan Grogol; (2) Terdapat pengaruh positif persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri se Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dimana nilai probabilitas (ρ) = 0,01 < 0,05; (3) Terdapat pengaruh positif motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri se Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dimana nilai probabilitas (ρ) = 0,023 < 0,05; (4) Terdapat pengaruh positif keterampilan mengajar guru terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri se Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dengan nilai probabilitas (ρ) = 0,000 < 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Ketrampilan Mengajar, Kepuasan Kerja Guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:39
Last Modified: 05 Jan 2011 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9600

Actions (login required)

View Item View Item