PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

GIRI YANTI, UTRIA (2010) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060053.pdf

Download (782kB)
[img] PDF
A210060053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. 2) Pengaruh implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. 3) Pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian deskriptif kuantitatif ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Populasi penelitian, seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 156 siswa. Sampel diambil sebanyak 31 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 dengan sumbangan relatif sebesar 46,3% dan sumbangan efektif 20,8%. 2) Ada pengaruh positif implementasi KTSP siswa belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011, dengan sumbangan relatif sebesar 53,7% dan sumbangan efektif 24,1%. 3) Ada pengaruh positif pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran siswa dan implementasi KTSP siswa belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 dengan koefisien determinasi sebesar 0.449, artinya pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah 44,9%, sedangkan sisanya 55,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210-2010/11
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran, implementasi KTSP dan prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2011 10:04
Last Modified: 01 Feb 2011 05:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9587

Actions (login required)

View Item View Item