PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN REMAJA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA KELAS XI IPS SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Sari , Fistika (2010) PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN REMAJA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA KELAS XI IPS SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060032.pdf

Download (748kB)
[img] PDF
A210060032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. 3) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA AL-ISLAM 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 48 siswa. Agar hasil penelitian ini akan semakin baik, maka semua populasi yang berjumlah 48 siswa dijadikan subjek penelitian sehingga merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Lingkungan pergaulan remaja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,029 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,475 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Lingkungan pergaulan remaja dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 23,202 > 3,204 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel lingkungan pergaulan remaja memberikan sumbangan efektif 23,2%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 27,6%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel lingkungan pergaulan remaja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan pergaulan remaja, motivasi belajar dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2011 09:46
Last Modified: 11 Jun 2012 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9580

Actions (login required)

View Item View Item