SYIRKAH DALAM HUKUM ISLAM (Tinjauan Hukum Islam Terhadap Bentuk Kerjasama Antara Tim Konsultan Bangunan SMK Ganesha Tama Boyolali dengan Pemerintah)

Wijaya, Mianti Fatma (2008) SYIRKAH DALAM HUKUM ISLAM (Tinjauan Hukum Islam Terhadap Bentuk Kerjasama Antara Tim Konsultan Bangunan SMK Ganesha Tama Boyolali dengan Pemerintah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
I000040026.pdf

Download (158kB)
[img] PDF
I000040026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul SYIRKAH DALAM HUKUM ISLAM (Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Tim Konsultan Bangunan SMK Ganesha Tama Boyolali dengan Pemerintah). Rumusan masalah yaitu bagaimana bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Tim Konsultan Bangunan SMK Ganesha Tama Boyolali dengan Pemerintah, dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap kerjasama yang dilakukan Tim Konsultan Bangunan Ganesha Tama Boyolali dengan Pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Tim Konsultan Bangunan Ganesha Tama Boyolali dengan Pemerintah, (2) Mengetahui pandangan hukum Islam terhadap kerjasama yang dilakukan oleh Tim Konsultan Bangunan SMK Ganesha Tama Boyolali dengan Pemerintah. Manfaat dari penelitian ini adalah: (1) Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan masukan, khususnya bagi Tim Konsultan Bangunan SMK Ganesha Tama Boyolali dan Pemerintah. Masukan ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi kedua instansi atau lembaga tersebut dalam menentukan kebijaksanaan pemerintah, (2) Menambah wawasan bagi penulis mengenai masalah kerjasama dalam bidang muamalah, yaitu pada ilmu Ekonomi Islam. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah: (1) Jenis penelitian, yang objeknya adalah lapangan dan bersifat deskriptif analistis, (2) Metode pengumpuplan data terdiri dari interview, observasi, dan dokumentasi, (3) Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, (4) Analisis data, (5) Metode pendekatan dengan Sosiologis Normatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa syirkah (kerjasama) yang dilakukan oleh Tim Konsultan Bangunan SMK Ganesha Tama dengan Pemerintah tidak bertentangan dengan hukum Islam, karena bentuk kerjasama tersebut mengarah ke Syirkah Abdan. Diharapkan penelitian ini berguna dan membantu serta dapat memberikan sumbangan bagi penelitian di masa mendatang terutama yang berkaitan dengan kerjasama dalam islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, syikrah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Syari'ah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Feb 2009 01:51
Last Modified: 04 Jan 2012 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item