PENGARUH FAKTOR INTERNAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PUSAT KERAJINAN KUNINGAN DAN TEMBAGA PAMUNGKAS GALLERY BOYOLALI

HIDAYAH, WAHYU (2010) PENGARUH FAKTOR INTERNAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PUSAT KERAJINAN KUNINGAN DAN TEMBAGA PAMUNGKAS GALLERY BOYOLALI. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050094.pdf

Download (39kB)
[img] PDF
B100050094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor intern yang mencakup budaya konsumen, kelas sosial, karakteristik individu, dan faktor psikologis terhadap pengambilan keputusan dalam pembelian barang-barang kerajinan kuningan dan tembaga. Penelitian ini mengambil tempat di PT. Pamungkas Gallery Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah melakukan pembelian kerajinan kuningan dan tembaga Pamungkas Gallery Boyolali baik yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung atau melalui pesanan. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 sampel, dimana tehnik pengambilan sampel ini didasarkan pada Roscoe (1975) yang menyatakan bahwa ukuran sampel untuk setiap penelitian harus berada antara 30-500 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Quota Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dapat dilakukan sewaktu-waktu sampai jumlah sampel (quota) yang diinginkan terpenuhi. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan analisis regresi berganda (SPSS 12.0). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa atribut pertanyaan yang berjumlah 21 untuk kuesioner variable independen ataupun dependen semuanya valid, begitu juga dengan hasil uji reliabilitas semuanya reliabel. Hasil pengukuran dengan menggunakan uji statistik diketahui bahwa secara umum variabel Budaya konsumen (X1), Kelas sosial (X2), Karakteristik individu (X3), Faktor psikologis (X4) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Kondisi ini dapat ditunjukan dengan nilai uji t maupun uji R2 yang semuanya bernilai signifikan dan positif. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran yaitu dihadapkan menjadi bahan pertimbangan bagi PT. PAMUNGKAS GALLERY dalam melakukan kebijakan-kebijakan perusahaan dengan tepat sehingga dapat memaksimalkan hasil produksi dan hasil pemasaran secara signifikan, diharapkan untuk menambah jumlah perusahaan sehingga dapat membandingkan tingkat pengaruh Budaya Konsumen(X1), Kelas Sosial(X2), Karakteristik Individu(X3), Faktor Psikologis(X4) terhadap Keputusan Pembelian (Y) secara lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prilaku Konsumen, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 03 Jan 2011 10:09
Last Modified: 03 Jan 2011 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9559

Actions (login required)

View Item View Item