PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA DI DESA KRAJAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO

Rahmawati, Livia Gatoh (2010) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA DI DESA KRAJAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210060100.pdf

Download (61kB)
[img] PDF
J210060100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)

Abstract

Masalah kesehatan masyarakat tidak terlepas dari faktor-faktor lingkungan dimana masyarakat tersebut berada. Upaya untuk mengoptimalkan kesehatan masyarakat yang memerlukan dukungan dan peran serta aktif masyarakat. Maka dari itu perlu diadakannya program pendidikan kesehatan tentang PHBS. Melalui program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan sikap masyarakat akan kondisi kesehatan yang ada pada keluarga dan lingkungannya dan mencari alternatif pemecahan masalah yang pada akhirnya masyarakat Desa Krajan mampu meningkatkan derajat kesehatannya secara mandiri. Pengetahuan kesehatan akan berpengaruh kepada perilaku sebagai hasil jangka menengah dari pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan merupakan suatu upaya untuk mengajak, mempengaruhi orang lain baik individu, keluarga maupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan tentang PHBS terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap pada keluarga Desa Krajan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen (Quasi eksperimental) dengan rancangan pre test–post test with control design dan pengambilan sampel mengunakan simpel random sampling untuk memperoleh 40 responden (20 kelompok eksperimen 20 kelompok kontrol). Analisis statistik menggunakan uji t. Uji- t terhadap hasil survai dengan menggunakan kuesioner menunjukan bahwa ada perbedaan pengetahuan dan sikap keluarga Desa Krajan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo terhadap PHBS dimana pengetahuan pada kelompok kontrol hanya mengalami perubahan/peningkatan pencapaian nilai yaitu mean 13,25 pada saat pre test dan mean 13,45 pada saat post test. Sementara kelompok eksperimen mengalami peningkatan pengetahuan dengan pencapaian nilai post test dari rata-rata nilai 13,90 pada saat pre test dan 20,65 pada saat post test. Untuk sikap kelompok kontrol hanya sedikit mengalami peningkatan yaitu nilai mean 45,05 pada saat pre-test menjadi 45, 95 pada saat post-tes sedangkan pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang tajam yaitu mean 47,95 saat pre-test menjadi 68,10 pada saat post-test. Hasil uji independen t-tes dengan nilai signifikansi 0,001 sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan tentang PHBS terhadap pengetahuan dan sikap keluarga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, PHBS, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Dec 2010 03:40
Last Modified: 24 Dec 2010 11:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9515

Actions (login required)

View Item View Item