EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA MAN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2007/2008.

Musfiroh, Siti Noor (2008) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA MAN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000010027.pdf

Download (157kB)
[img] PDF
G000010027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa MAN Rembang. Hal ini menjadi penting karena melihat persoalan MAN Rembang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bernuansa Islam di bawah naungan Departemen Agama dimana kurikulumnya hampir sama dengan sekolah menengah atas lainnya yang berada di bawah naungan Departemen Pendidikan. Selain itu MAN Rembang memiliki fasilitas media pembelajaran yang cukup memadai untuk kegiatan proses belajar mengajar tetapi disisi lain hampir sebagian input siswa masuk di MAN Rembang rendah. Dengan latar belakang masalah tersebut, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN Rembang. Manfaat dari penelitian ini adalah secara teoritis, Menambah serta mengembangkan khasanah pengetahuan dibidang pendidikan khususnya masalah peningkatan dan persiapan kualitas sumber daya manusia baik sebagai guru maupun sebagai siswa.Dan secara praktis, dapat menjadi masukan bagi para guru dalam memperluas pengetahuan mengenai penggunaan media pembelajaran, memberi petunjuk bagi para pendidik untuk menggunakan media pembelajaran yang sesuai guna mencapai tujuan pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dan memberikan informasi bagi sekolah dalam meningkatkan perbaikan pembelajaran agama dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis uji regresi. Hasil penelitian yang didapat, bahwa terdapat hubungan yang meyakinkan antara penggunaan media pendidikan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN Rembang. Hal ini terlihat dari nilai korelasi Freg sebesar 26.18, ternyata lebih besar Ft yaitu 7,01, dan pada taraf signifikan 1% dan 3.98 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil kesimpulan dari penelitian ini, bahwa ada efektivitas yang positif dari penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih siswa MAN di Rembang tahun 2007/2008, dimana para siswa MAN memiliki nilai rata-rata 96.55. Sehingga penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran fiqih menempati kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, peningkatan prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Feb 2009 03:54
Last Modified: 24 Feb 2011 08:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item